Minggu, 21 Februari 2010

Profil Kabupaten Bolaangmongondow



Kabupaten Bolaang Mongondow merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara. Beribukotakan Kotamobagu dengan wilayah yang berbatasan dengan Laut Sulawesi di sebelah utara, Teluk Tomini di sebelah selatan, Provinsi Gorontalo di sebelah barat dan Kabupaten Minahasa di sebelah timur. Memiliki luas wilayah 8.358.04 km2 dan terbagi menjadi 15 kecamatan.

Daerah ini kaya akan tanaman kelapa. Lambaian daun nyiur banyak dijumpai di perkebunan-perkebunan yang menghampar di sebagian besar wilayah paling barat Provinsi Sulawesi Utara ini. Kabupaten ini, bersama dengan Kabupaten Minahasa, merupakan sentra produksi kelapa di Sulawesi Utara. Komoditas perkebunan Bolaang Mongondow terdiri atas 8 jenis yaitu kelapa, cengkeh, kopi, kakao, pala, vanilli, lada dan jambu mete. Daerah agraris ini juga mengandalkan cengkeh. Emas hitam yang satu ini adalah komoditas andalan Sulawesi utara. Harganya yang cenderung selalu tinggi membuat para petani tak pernah bosan menanamnya.

Wilayah ini belum memiliki pelabuhan laut. Empat pelabuhan yang ada semuanya merupakan pelabuhan nelayan. Dua pelabuhan, yaitu Labuan Uki dan Torosik sebenarnya menyimpan potensi untuk menjadi pelabuhan laut karena kedalamannya yang layak dan arus yang tidak besar. Untuk sektor pertanian, bahan tanaman pangan masih menjadi komoditi uatam yang dihasilkan daearh ini yang meliputi padi, jagung, kentang, kacang-kacangan ,asparagus, pisang abaca. Selain bertani, penduduk kabupaten ini juga bermatapencaharian sebagai peternak, populasi ternak daerah ini berupa sapi, kerbau, kuda, ayam ras, itik.

Perdagangan menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk setelah pertanian. Kelancaran akses transportasi dan komunikasi ke luar daerah secara tidak langsung juga memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan potensi daerah ini, keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang untuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, daerah ini juga telah terdapat Bandara Mopait yang terletak di Bolaang Mongandaw, dua buah Pelabuhan yang Pelabuhan Uki dan Pelabuhan kotabunan, serta terdapat berbagai sarana dan prasarana pendukung diantaranya sarana pembangkit tenaga listrik, air bersih, gas dan jaringan telekomunikasi.


Catatan

Kabupaten Bolaang Mongondow adalah kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibukotanya adalah Kotamobagu. Etnis Mayoritas di kabupaten ini adalah Suku Mongondow. Bahasa ibu penduduk asli di daerah ini adalah Bahasa Mongondow.

Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow telah mengalami sejumlah pemekaran. Tahun 2007, dimekarkan Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pada tahun 2008, dimekarkan lagi Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Setelah dimekarkan (dengan membentuk Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur), maka kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow menjadi:

Bolaang
Bilalang
Dumoga Barat
Dumoga Timur
Dumoga Utara
Lolak
Lolayan
Passi Barat
Passi Timur
Poigar


Komoditas Unggulan

Pertanian dan Perkebunan: Padi, Jagung, Kacang Tanah, Kedelai, Singkong, Ubi Jalar, Kentang, Nenas, Kelapa, Cengkeh.

Pertambangan: Emas, Tembaga, Besi, Kaolin, Bentonit, Belerang, Batu Gamping, Batu Lamping, Pasir Kuarsa, Mangan.

Perikanan dan Kelautan: Ikan Demersil, Ikan Plagis, Ikan Tuna, Ikan Cakalang.
Budidaya: Udang, kepiting, Ikan Air Tawar.

Kehutanan: Meranti, Agatis, Nyato, Cempaka, Rotan, Gondrukem, Damar.

Objek Wisata: Pantai Lolan, Tanjung Ompu, Pulau Tiga, Air Panas Bakan, Kolam Desa Tudu Aog.



Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=7101
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bolaang_Mongondow

Sumber Gambar:
http://www.pemilu.asia/images/dapil/DPR/map/2009/Sulut.gif
http://shw.totabuan.fotopages.com/4092926/MAP-Bolaang-Mongondow.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar