Minggu, 21 Februari 2010

Kabupaten Minahasa Utara (MINUT)



Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dengan ibukota Airmadidi, adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Minahasa. Kabupaten ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di antara dua kota yaitu Kota Manado dan Kota pelabuhan Bitung.

Sumber Daya
Tanaman kelapa tersebar di seluruh wilayah Minut dan merupakan usaha tani utama penduduk. Selain hasil perkebunan kelapa, kekayaan laut dan deposit emas juga terkandung di wilayah Minut.

Pariwisata
Daerah ini mudah diingat terkait dengan cagar budaya Waruga yaitu kuburan batu moyang Minahasa,Batu bertumbuh di desa Watutumou, Taman Laut di (pulau gangga,pulau nain & pulau Talise),makam pahlawan nasional Ibu Maria Walanda Maramis, lokasi gunung tertinggi di Sulut yaitu Gunung Klabat atau Tamporok, pabrik tepung kelapa Poleko, serta pasar kukis Bobengka dan kue khas dari Kenari Halua di Airmadidi.

Suku
Penduduk Kabupaten Minahasa Utara sebagian besar adalah etnis Tonsea dan sebagian lagi Sangir, yang memiliki marga antara lain : Nelwan, Sompie, Langelo, Wuisan, Dondokambey, Doodoh, Rondonuwu, Wagiu, Wullur, Wantania, Katuuk, Koloay, Karundeng, Manua, Sompotan, Sigarlaki, Sundah, Tuegeh, Tintingon, Tangkilisan, Ticoalu, Tangka, Sayangbati, Tuwaidan, Umboh, Pangemanan, Panambunan, Peleh, Punuh, Pangau, Dumais, Bolang, Mantiri, Mumbunan, Luntungan, Kulit, Dengah, Dotulong dan Unsulangi,Rooroh (asli treman),Tingon,Waturandang.

Kecamatan
* Airmadidi
* Dimembe
* Kalawat
* Kauditan
* Kema
* Likupang Barat
* Likupang Selatan
* Likupang Timur
* Talawaan
* Wori

Bupati & Wakil Bupati Minahasa Utara
Sejak dimekarkan dari Kabupaten Minahasa dengan ketua panitia pembentukan Kab.Minahasa utara yaitu Drs. Patrice Suwu, kabupaten Minahasa Utara telah dan masih dipimpin oleh bupati dan wakil bupati sebagai berikut:

* Drs. Paul Tirayoh, MBA 12 Januari 2004 – 19 Maret 2005 (Penjabat)
* Drs. Edwin Silangen 9 Maret 2005 – 14 Agustus 2005 (Penjabat)
* Vonnie Anneke Panambunan 14 Agustus 2005 - April 2008
* Drs. Sompie Singal, MBA(Wakil Bupati) 14 Agustus 2005 - April 2008

* Drs. Sompie Singal, MBA(Plt. Bupati) April 2008 -


Sumber :

http://minut-community.com/kabupaten-minahasa-utara-minut/

7 Januari 2009

Sumber Gambar:

http://www.ecotippingpoints.org/resources/application-ampreng-village/Map-of-Minahasa-District.jpg

http://www.minahasa.net/images/map-minahasa-en.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar